Wisata Sejarah di Lampung, Mengenang Sejarah Budaya, Agama dan Nasionalisme

Lampung punya rangkaian cerita sejarah yang panjang, seperti di masa penjajahan, masa kerajaan Lampung dan sejarah agama dan kebudayaan yang sangat beragam. Oleh karena itu banyak tempat wisata sejarah di Lampung yang bisa Anda kunjungi, untuk melihat berbagai peninggalan sejarah dan belajar tentang sejarah Lampung.

Banyak juga pengunjung dari luar daerah Lampung berkunjung untuk melihat tempat wisata sejarah di Lampung ini. Seperti para pelajar dan mahasiswa dari Jakarta, yang berkunjung ke situs-situs peninggalan sejarah di Lampung. Mereka berkeliling ke berbagai tempat tersebut dengan menggunakan jasa travel. Harga travel Jakarta Lampung sendiri tergolong murah untuk para pelajar dan mahasiswa.

Oke, mari kita bahas tentang wisata sejarah di Lampung yang meninggalkan banyak prasasti, benda-benda pusaka atau benda benda dari zaman dahulu dan cerita tentang sejarah di Lampung.

wisata sejarah di lampung

Situs Batu Bedil

Situs Batu Bedil merupakan tempat bersejarah yang mana dahulu diyakini sebagai benteng dari pemukiman manusia zaman dahulu. Situs ini berada di Dusun Batu Bedil Desa Gunung Meraksa, Kecamatan Pulau Panggung, Kabupaten Tanggamus.

Berdasarkan cerita yang beredar, situs ini dinamakan batu bedil karena sering terdengar suara bedil atau senapan dari batu-batu menhir yang ada di sana. 

 

Rumah Dasawati

Rumah Dasawati adalah bangunan rumah yang menjadi saksi para tokoh Lampung dalam membentuk Provinsi Lampung ini. Rumah Dasawati berlokasi di Jalan Tulang bawang Nomor 11, Enggal, Bandar Lampung. Dahulu Lampung merupakan daerah Swantantra tingkat 1, karena pada masa itu, status daerah Lampung adalah Keresidenan. Jadi pada tanggal 7 Maret 1963, terjadi pertemuan di Rumah Dasawati untuk merumuskan berdirinya Provinsi Lampung.

Karena tempat ini sangat bersejarah, banyak para ahli yang datang seperti dari daerah Jakarta untuk melihat secara langsung. Pasalnya banyak pihak penyedia jasa travel Jakarta Lampung yang sering mengantar para pengunjung dari luar daerah ke Rumah Dasawati ini.

 

Masjid Jami Al Anwar

Masjid Jami Al Anwar merupakan masjid tertua di Provinsi Lampung. Masjid ini berdiri pada tahun 1888. Bahkan masjid ini sempat runtuh atau rusak akibat terkena letusan Gunung Krakatau. Namun masjid ini dibangun kembali dan masih terawat hingga saat ini. Masjid ini usianya sudah mencapai 200 an tahun, masjid inilah yang jadi pusat penyebaran dan pengkajian islam zaman dahulu di Lampung. Jadi sudah sepatutnya masjid ini terus dijaga dan dirawat supaya akan selalu dikenang sejarahnya oleh setiap orang.