Tips WhatsApp Bisnis yang Wajib Diketahui oleh User Baru

Tips WhatsApp bisnis memang wajib diketahui oleh para penggunanya terutama buat anda yang menggunakannya untuk memaksimalkan aktivitas bisnis. Walaupun keluarnya belum lama, tetapi WA inipun mempunyai pengguna sudah cukup banyak. Sesuai dengan namanya, aplikasi inipun ternyata dirancang khusus bagi para pelaku usaha atau pemilik brand.

Walaupun berasal dari perusahaan yang sama, tetapi perlu diketahui apabila WhatsApp Business dan personal merupakan aplikasi tidak sama. Terutama dalam fungsi maupun tujuan penggunaannya karena versi personal biasanya hanya digunakan buat kebutuhan interaksi ataupun komunikasi secara privasi dengan teman maupun keluarga.

Sedangkan versi bisnis memiliki berbagai macam fitur menarik dimana tidak dimiliki oleh versi personal. Adapun fiturnya tentu digunakan buat mendukung berbagai macam aktivitas pebisnis. Beberapa fitur menarik seperti adanya auto-reply hingga katalog untuk memasukkan produk-produk jualan.

 

Tips Penggunaan WA Bisnis

Sama seperti penggunaan WA biasa, untuk menggunakan versi satu ini, anda diwajibkan buat melakukan registrasi dahulu. Pastikan apabila nomor yang digunakan berbeda dengan nomor untuk chat pribadi. Anda bisa mengikuti tahapan-tahapan sesuai dengan instruksi yang telah disediakan.

Bagi yang baru pertama kalinya menggunakan aplikasi ini tentu akan merasa sedikit kebingungan dalam menggunakannya. Sebab terdapat beberapa hal dimana harus diisi terutama untuk mengoptimalkan kegiatan bisnis. Namun jangan khawatir! Kami mempunyai sejumlah tips penting dibawah ini:

1. Atur Dahulu Profil Bisnis

Tips pertama yang harus diketahui adalah mengatur profil bisnis dahulu. Adapun didalamnya, anda akan diminta buat mengatur alamat, kategori bisnis hingga jam buka. Buat mengubahnya, pengguna bisa langsung pergi menuju ke settings dan business settings.

Isi semua data yang dibutuhkan dengan benar termasuk alamat agar calon konsumen bisa mempercayai usaha tersebut. Pastikan klik save jika dirasa semua data tersebut telah benar. Hindari memalsukan data penting karena akan berakibat fatal.

2. Memanfaatkan Away Message

Tetap ingin terhubung dengan calon konsumen walaupun sedang tak mengoperasikan ponsel? Cobalah manfaatkan keberadaan fitur away message. Ini merupakan sebuah fitur dimana akan memberikan kesempatan memberikan balasan secara otomatis kepada para pelanggan.

Untuk mengaturnya sendiri ternyata tidaklah sulit buat dilakukan, cobalah pergi ke menu settings-business settings dan klik pada away message. Editlah pesan default dimana akan dikirimkan secara otomatis ketika sedang tidak menggunakan ponsel. Klik simpan atau save buat menyimpannya.

3. Jangan Lupa Buat Greeting Message

Tips berikutnya jangan lupa memanfaatkan kehadiran fitur greeting message. Dimana ini juga dapat digunakan agar tetap bisa menjalin komunikasi kepada para konsumen. Fitur tersebut berfungsi ke pelanggan dimana menghubungi sesudah 14 hari tanpa melakukan komunikasi.

Buat mengaktifkannya, coba buka menu settings, klik pada business settings dan greeting message. Pastikan dalam keadaan on buat mengaktifkannya sehingga anda dapat melakukan editing greeting message yang diinginkan.

4. Quick Replies

Fitur ini berfungsi untuk memberikan jawaban cepat dengan memanfaatkan kehadiran keyword tertentu. Dengan inilah anda dapat menghemat waktu tanpa perlu mengetik satu per satu huruf. Terlebih lagi, apabila sudah punya pelanggan cukup banyak.

Bagi yang tertarik mengaturnya, cobalah buka settings dan langsung pergi ke menu business settings dan quick replies. Perlu diketahui bahwa, anda hanya dapat membuat quick replies satu saja seperti thanks.

Selain quick replies anda juga bisa membuat auto reply atau penjawab otomatis dengan api whatsapp business yang lebih leluasa. Dimana whatsapp anda bisa menjawab semua pertanyaan customer tanpa harus anda membalas manual atau pun menggunakan quick replies. Sebab dengan api whatsapp bisa otomatis menjawab sendiri realtime 24 jam nonstop.

 

Jika anda mempunyai usaha tentu membutuhkan alat buat komunikasi dengan calon pelanggan agar lebih mudah bukan? nah, kehadiran WA business ternyata dapat menjadi solusi paling recommended. Sudah tahu bukan tips WhatsApp bisnis diatas?