Sirup Lerzin untuk alergi

Sirup Lerzin adalah antihistamin oral yang mengandung Cetirizine untuk mengatasi gejala alergi seperti hidung tersumbat, mata gatal dan berair, serta bersin, mengatasi biduran atau urtikaria. Lerzin meredakan gejala alergi dengan menghalangi pelepasan histamin yang dibuat tubuh selama reaksi alergi. Sirup Lerzin dapat ditemukan di apotek dengan mudah, harga sirup lerzin juga sangat terjangkau.

Apa yang menyebabkan alergi?

Ada sejumlah penyebab alergi, dan mereka dapat dibagi menjadi dua kategori: "aeroallergens" dan "alergen non-aerosol."

Aeroallergen adalah zat di udara yang bersifat alergen seperti spora dari jamur, sengatan lebah, serbuk sari dari pohon atau rerumputan, tungau debu rumah, dan beberapa jenis makanan atau obat-obatan tertentu. Gejalanya bervariasi tergantung pada alergen jika terhirup atau disentuh oleh kulit.

Alergen non-aerosol tidak berasal dari kontak dengan udara melainkan bahan kimia yang menyebabkan reaksi kulit seperti poison ivy, getah pohon cedar, perhiasan nikel. Alergen non-aerosol ini menyebabkan ruam kulit dan gatal, benjolan merah dan rasa terbakar.

 

Apa itu antihistamin?

Antihistamin adalah obat yang menghentikan efek histamin, zat yang dilepaskan oleh sel-sel tubuh sebagai bagian dari reaksi alergi. Histamin menyebabkan gejala alergi seperti pilek, mata berair, bersin dan gatal.

Histamin diproduksi dalam tubuh kita ketika kita bersentuhan dengan sesuatu yang dapat menyebabkan alergi seperti serbuk sari, jamur, dan bulu. Ini mengikat jenis protein tertentu, yang disebut reseptor H1 di sel kita dan reaksi inilah yang menyebabkan gejala alergi. Antihistamin menghentikan pengikatan histamin pada reseptor tersebut dan karenanya mencegah reaksi alergi. Obat histamin tersedia baik sebagai tablet atau obat cair untuk penggunaan oral saja (pengobatan sendiri) dan sebagai semprotan hidung (untuk digunakan di hidung) atau tetes mata untuk mengobati alergi pada mata.

 

Bagaimana cara kerja sirup Lerzin?

Sirup Lerzin adalah antihistamin yang mengandung Cetirizine, yang berarti ia memblokir reseptor histamin dan dengan demikian menghentikan efek histamin yang dilepaskan selama reaksi alergi. Sirup lerzin dapat meredakan gejala pilek atau flu, pilek, dan bersin. Sirup Lerzin meredakan gejala alergi dengan menghalangi pelepasan histamin dari sel-sel tubuh sebagai bagian dari reaksi alergi. Sirup Lerzin tersedia dalam botol yang berisi 60 mL (0,5% Cetirizine). Sirup Lerzin biasanya diminum sekali sehari. Sirup Lerzin dapat dikonsumsi dengan atau tanpa makanan.

 

Bagaimana cara minum sirup Lerzin?

Sirup Lerzin tersedia dalam botol yang berisi 60 mL sirup Lerzin (0,5% Cetirizine). Sirup Lerzin biasanya diminum sekali sehari. Sirup Lerzin dapat dikonsumsi dengan atau tanpa makanan. Sirup Lerzin mengandung Cetirizine Hidroklorida 0,5% b/v.

 

Apa efek samping dari Lerzin?

Lerzin dapat menyebabkan gejala seperti sakit kepala, pusing, atau mual. Lerzin juga dapat menyebabkan mulut kering, penglihatan kabur, kantuk, dan insomnia. Lerzin tidak boleh digunakan oleh orang yang memiliki penyakit ginjal berat. Obat ini juga tidak boleh digunakan oleh orang yang mengalami kesulitan buang air kecil (retensi urine) akibat pembesaran kelenjar prostat kecuali jika pengobatannya diawasi oleh dokter yang berpengalaman dalam mengobati penyakit ini.

 

Sumber : Apotik Online 24 Jam