Sensor Proximity Tidak Bekerja dan Solusi Terbaiknya

Penggunaan sensor proximity saat ini memang sangat dibutuhkan karena bisa mendeteksi objek dengan jarak tertentu tanpa harus ada sentuhan fisik. Dalam bahasa Indonesia banyak orang menyebutnya dengan sensor elektronik. Yuk lebih mengenal lebih dalam perihal proximity.

Mengenal Lebih Dalam Sensor Proximity

Sensor proximity atau yang lebih dikenal dengan sensor elektronik merupakan perangkat yang dapat mengubah informasi gerakan tentang keberadaan objek menjadi sinyal listrik sehingga bisa terdeteksi tanpa adanya sentuhan fisik sekalipun. Penggunaannya sekarang sudah sampai ke smartphone.

Dahulu sensor proximity memang sering digunakan pada tempat berbahaya, namun seiring dengan perkembangan teknologi yang ada akhirnya juga dipergunakan pada smartphone jenis apapun sehingga bisa mempermudah pekerjaan manusia di bidang jejaring media sosial.

Langkah Memperbaiki Sensor Proximity

Walaupun sudah secanggih apapun, namun yang namanya teknologi pasti mengalami kerusakan juga. Seperti halnya sensor proximity ini, seringkali tidak bisa berfungsi maksimal. Banyak faktor jadi penyebab rusaknya sensor seperti sering terjatuh dan terbentur. Namun tetap bisa memperbaikinya.

Lakukan Restart Pada Ponsel

Cara paling aman dan mudah untuk memperbaiki sensor proximity adalah melakukan restart pada ponsel. Error atau tidak berfungsinya sensor biasanya sebuah pertanda jika ponsel sudah mengalami kerusakan. Cukup matikan kemudian hidupkan kembali smartphone.

Dengan melakukan restart diharapkan akan membuat ponsel bisa kembali ke kondisi normal dengan semua fungsi softwarenya berjalan sempurna dan optimal lagi. Namun jika belum bisa sebaiknya lakukan langkah-langkah lain dibawah ini, siapa tau bisa mengatasi kerusakan pada sensor.

Mengganti Tempered Glass

Coba periksa tempered glass apakah sesuai dengan tipe ponsel smartphone. Jangan sampai jenis yang Anda pakai justru menutupi area sensor proximity pada bagian depan ponsel. Lebih baik pilih bahan tidak terlalu tebal agar tidak menyebabkan kerusakan pada smartphone.

Sekarang sudah tidak bingung lagi ketika Anda menghadapi kerusakan pada sensor proximity. Dua poin tadi bisa dijadikan solusi, namun jika belum kembali seperti semula lebih baik langsung bawa ke konter saja untuk menghindari kerusakan lebih buruk.

Sumber : cekiphone.com.