Manfaat Mengkonsumsi Allopurinol Selama Kemo untuk Pasien Kanker

Kemoterapi adalah pengobatan kanker yang menggunakan obat-obatan untuk membunuh atau memperlambat pertumbuhan sel kanker. Ini efektif, tetapi memiliki efek samping utama, termasuk kelelahan dan mual.

Orang yang pernah menderita kanker sering juga mengalami serangan asam urat di beberapa titik selama hidup mereka, yang dapat disebabkan oleh perawatan kemo atau infeksi tertentu. Allopurinol membantu mengurangi risiko ini karena membersihkan asam urat dari tubuh. Artikel ini akan membahas bagaimana mengkonsumsi Allopurinol saat menjalani kemoterapi dapat membantu mengurangi risiko kedua kondisi tersebut serta meredakan beberapa gejala.

Ada banyak manfaat untuk mengambil obat ini selama kemoterapi seperti mengurangi risiko kekambuhan/progresi dan mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan serangan asam urat.

Tentang Kemoterapi

Kemoterapi adalah pengobatan kanker yang menggunakan obat-obatan untuk membunuh atau memperlambat pertumbuhan sel kanker. Ini efektif, tetapi memiliki efek samping utama, termasuk kelelahan dan mual. Masalah umum lainnya adalah peningkatan risiko asam urat pada individu tertentu yang menerima kemoterapi.

Tentang Asam Urat dan Serangan Asam Urat Pada Penderita Kanker

Saat terkena obat kemo atau infeksi tertentu, orang yang pernah menderita kanker berisiko terkena serangan asam urat. Kejadian ini bisa sangat menyakitkan bagi pasien, kadang-kadang mengakibatkan rawat inap. Penggunaan kemoterapi jangka panjang juga meningkatkan risiko seseorang terkena asam urat kronis.

Masalah asam urat adalah dapat mengkristal dan menyebabkan serangan asam urat. Allopurinol membantu mengurangi risiko kejadian ini karena membersihkan asam urat dari tubuh dengan meningkatkan eliminasi melalui ginjal.

Cara Mengkonsumsi Allopurinol

Allopurinol adalah obat yang dapat diresepkan oleh dokter. Meskipun biasanya digunakan untuk mengelola asam urat kronis, beberapa pasien mungkin menggunakannya saat menerima kemoterapi agar tidak mengalami serangan asam urat terkait pengobatan atau kekambuhan / perkembangan kanker.

Penting bagi pasien untuk menjaga pola makan yang seimbang dan sehat saat mengkonsumsi Allopurinol. Pasien juga harus menghindari buah-buahan yang tinggi fruktosa karena dapat meningkatkan risiko efek samping seperti sakit perut dan reaksi alergi.

Dokter biasanya merekomendasikan minum obat ini sekali atau dua kali sehari dengan makanan, dan dengan dosis yang ditentukan oleh dokter. Pasien harus mengkonsumsi Allopurinol selama yang direkomendasikan oleh dokter mereka, dan penting bagi mereka untuk mengikuti instruksi dengan cermat.

Yang Harus Anda Ketahui Tentang Allopurinol

Meskipun mengkonsumsi Allopurinol selama kemoterapi dapat membantu mengurangi risiko kekambuhan/perkembangan dan serangan asam urat, ada beberapa tindakan pencegahan yang harus dilakukan orang. Beberapa efek samping Allopurinol termasuk sakit kepala, mual, dan muntah, tetapi gejala ini biasanya bersifat sementara dan akan hilang setelah beberapa saat.

Allopurinol bisa Anda temukan di apotek terdekat dengan harga Allopurinol 300 mg 1 strip dengan harga yang terjangkau. Harga dapat berbeda-beda di setiap daerah, tergantung dimana tempat Anda membelinya.