Kapan Saatnya Cuci AC dan Service AC? Simak Jawabannya di Sini

Sebagai seorang yang tinggal di Ibu Kota khususnya wilayah Jakarta Pusat pasti sudah tidak heran lagi dengan keadaan panas. Oleh karena itu banyak orang yang menggunakan AC di rumah. Namun, Anda juga harus melakukan cuci AC dan service AC secara teratur.

Kapan Saatnya Cuci AC dan Service AC

Jika tidak teratur, Anda bisa melakukan keduanya dengan jasa service AC Jakarta Pusat pada momen seperti di bawah ini:

  • Saat AC Sudah Tidak Terasa Dingin

Momen yang pertama adalah pada saat AC sudah tidak terasa dingin. AC yang tidak terasa dingin ini disebabkan oleh beberapa faktor. AC bisa kehabisan freon atau kotor sehingga tidak dapat mengeluarkan sensasi dingin kembali.

  • Saat Kualitas Udara di Ruangan Tidak Lagi Segar

Anda memerlukan cuci AC saat kualitas udara di ruangan sudah tidak lagi bagus. Anda bisa merasakannya sendiri secara manual. Selain itu, Anda juga bisa menilainya dengan menggunakan air purifier yang memiliki indikator kualitas udara.

  • Saat Konsumsi Listrik Semakin Naik

Lalu, Anda juga harus melakukan servis pada saat konsumsi listrik pada AC tiba-tiba naik. Hal ini sering kali terjadi karena AC sangat kotor dan mengganggu komponen di dalamnya. Dengan kotoran ini akhirnya kerja AC semakin berat.

Jika kerja AC semakin berat maka tak jarang konsumsi listriknya juga semakin naik. Kenaikan ini bisa Anda cek dari tagihan listrik per bulan dan beberapa faktor seperti dua poin di atas.

  • Suara Pada AC Terdengar Lebih Kencang

Anda juga harus segera melakukan servis AC pada saat unitnya mengeluarkan suara yang kencang. Jika suara unit baik yang di dalam maupun yang di luar terdengar kencang maka Anda harus segera memperbaikinya.

Itulah saat-saat Anda harus melakukan cuci AC dan service AC. Jangan sampai AC yang fungsinya membuat Anda nyaman malah membuat Anda tidak betah berada di ruangan. Bagi Anda yang berdomisili di ibu kota, gunakan jasa service AC Jakarta terdekat untuk melakukan keduanya.