Jenis-jenis Kelinci Pedaging

Minat besar di Indonesia tentang kelinci begitu besar. Dengan begitu, anda memiliki peluang untuk membudidayakan kelinci, baik itu kelinci hias maupun kelinci pedaging. Lihat dan cek jenis-jenis kelinci yang cocok di kandang anda!

Kelinci adalah hewan mamalia yang memiliki jenis yang banyak. Kelinci juga menjadi salah satu hewan peliharaan yang banyak ditemui di rumah-rumah untuk dipelihara, jenis ini adalah kelinci hias dan kelinci juga diperjualbelikan untuk dimakan dagingnya yang biasa disebut dengan kelinci pedaging.

Berbicara tentang kelinci ras pedaging, biasanya kelinci ini memiliki ciri-ciri tubuh yang besar dan gempal, dengan itu biasanya kelinci ini dimanfaatkan dagingnya untuk dimakan.

Saat ini, peminat untuk kelinci di Indonesia begitu besar. Banyak orang-orang yang ingin membudidayakan kelinci sebagai kelinci hias atau kelinci pedaging. Kami akan sedikit menjelaskan tentang jenis-jenis kelinci ras pedaging yang cocok untuk dibudidayakan, berikut penjelasannya!

  • Kelinci New Zealand

Adalah salah satu jenis kelinci ras pedaging terbaik yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Kelinci yang berasal dari Amerika adalah hasil dari persilangan antara Belgian Hare dan Flemish Giant. Kelinci jenis ini banyak diminati karena mereka cenderung mudah dirawat dan sangat cocok dengan lingkungan di Indonesia.

  • Kelinci Flemish Giant

Kelinci ini termasuk ke dalam kelinci giant memiliki tubuh yang bisa melebihi tubuh kucing. Kelinci ini berasal dari Eropa dan sering dibudidayakan untuk diambil dagingnya. Selain menjadi kelinci pedaging, kelinci ini juga sering menjadi kelinci hias karena memiliki bulu yang tebal dan bersifat jinak.

  • Kelinci Rex

Kelinci jenis ini adalah keturunan kelinci liar di Perancis. Walaupun memiliki bulu yang tidak setebal kelinci lain, kelinci ini banyak dijadikan sebagai kelinci hias.

  • Kelinci Rambon

Kelinci hasil persilangan antara kelinci lokal dengan kelinci import ini memiliki besar yang hampir sama dengan kelinci New Zealand.

  • Kelinci Lokal/Jawa

Kelinci jenis ini adalah kelinci yang paling mudah untuk dibudidayakan, karena untuk mendapatkannya sangat mudah di pulau jawa dengan dataran tinggi yang berbatu.

Nah! Itulah beberapa jenis kelinci pedaging yang bisa dibudidayakan dengan mudah, untuk diperjualbelikan dan dikonsumsi dagingnya.