Inilah Keuntungan dari Pertanian Agraris

Salah satu ciri khas yang menampilkan negara Indonesia yang damai ialah Pertanian Agraris yang merupakan sektor dalam bidang pertanian dengan pekerja paling banyak sebagai petani. Itulah gambaran besar dari tanah air.

Beberapa Manfaat dari Pertanian Agraris

Tak hanya dikenal sebagai negara maritim saja, akan tetapi Indonesia juga terkenal dengan sebutan negara agraris. Hal itu dikarenakan sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani maupun bercocok tanam.

Keuntungan Negara Agraris

Keuntungan yang mungkin saja didapatkan oleh negara agraris ialah sektor pertanian yang menjadi salah satu penopang paling penting untuk kemajuan perekonomian negara. Kemudian mudah sekali memperoleh hasil dari pertanian demi mencukupi kebutuhan pangan tanpa melakukan impor.

Hal lainnya yaitu membantu untuk meningkatkan kesadaran para masyarakat agar selalu mencintai produk dalam negeri, tercipta ketahanan pangan, adanya lapangan pekerjaan baru dalam bidang sektor pertanian dan perkebunan, meningkatkan kesejahteraan agar terlepas dari garis kemiskinan.

Sebagai Pertanian Berkelanjutan

Sebagai negara agraris, Indonesia harus mengikuti pola pertanian berkelanjutan ini. Sehingga sektor pertanian atau bahkan perkebunan yang telah menjadi ciri khasnya tak tergerus dengan perkembangan zaman seperti sekarang ini.

Ada beberapa alasan mengapa Indonesia harus mengikuti sistem pertanian berkelanjutan ialah sebagai penyumbang sektor ekonomi, untuk dapat mendukung pembangunan sektor lainnya dan juga digunakan sebagai pemanfaatan jangka panjang.

Pertanian Agraris

Yang termasuk ke dalam negara agraris itu tidak hanya Indonesia saja, akan tetapi masih ada negara lain seperti halnya Thailand yang dikenal memiliki sistem dalam sektor pertanian cukup canggih dan lebih mengutamakan pemikiran strategi. Ada lagi Malaysia, hasil pertaniannya cukup banyak seperti padi, buah-buahan dan sayuran tropis, Myanmar hasil dari taninya meliputi gula tebu, beras, jagung, kacang-kacangan, yang terakhir adalah Vietnam yang dikenal sebagai eksportir besar, bahkan terbesar nomor dua.

Ada begitu banyak keunggulan atau keuntungan menjadi pertanian agraris atau negara agraris. Itu karena hasil dari sektor pertanian dapat dikatakan lebih dari cukup. Bahkan ada beberapa negara yang telah menjadi eksportir terbesar di dunia.

Kunjungi : https://www.tanam.co.id/