Cara untuk Terlihat Menonjol Saat Interview Masuk Kuliah

Wawancara untuk beasiswa kuliah adalah cara sekolah untuk mengenal Anda yang sebenarnya. Ini adalah kesempatan Anda untuk bersikap ramah dengan nilai Anda yang luar biasa.

Meskipun sebagian besar wawancara perguruan tinggi sederhana dan lugas, selalu ada peluang untuk membuktikan bahwa Anda layak. Beruntung bagi Anda yang mendapat kesempatan untuk diwawancara dan berikut tips yang bisa kami berikan untuk wawancara beasiswa.

Tunjukkan Perkembangan Diri

Menyertakan dokumen bukti bahwa Anda mendapatkan nilai bagus dan mencantumkan keterangan pengalaman berkontribusi dalam suatu kegiatan adalah hal yang membanggakan, tetapi pewawancara perguruan tinggi ingin tahu seberapa relevan antara bukti di atas kertas dan diri Anda yang sebenarnya.

Pewawancara sebenarnya ingin lebih memahami latar belakang, pengalaman, dan perkembangan pribadi Anda. Pastikan untuk menggunakan wawancara sebagai kesempatan untuk menunjukkan pertumbuhan pribadi Anda sepanjang karier sekolah menengah Anda. 

Banyak pilihan program sarjana di pendaftaran ubaya dan Anda bisa mengajukan beasiswa di GoKampus hanya dengan melalui satu aplikasi dan bisa mendapat beasiswa hingga 20 juta per tahun. 

Bicarakan tentang minat Anda

Jika Anda masih kebingungan dalam memahami minat diri Anda, coba ingat kembali apa yang telah Anda ikuti selama beberapa tahun terakhir. Jika Anda adalah anggota tim olahraga, organisasi siswa, atau ekstrakurikuler lainnya, jelaskan mengapa Anda berpartisipasi dan apa yang Anda sukai dari peran Anda selama berkontribusi dalam kegiatan tersebut.

Tunjukkan Pengetahuan Anda tentang Perguruan Tinggi

Kemungkinannya adalah jika Anda melakukan wawancara untuk masuk perguruan tinggi, Anda telah melalui proses seleksi yang panjang untuk mencapainya. Jangan sia-siakan kesempatan ini hanya karena Anda belum mengenali betul tempat tujuan Anda.

Menunjukkan pengetahuan Anda tentang perguruan tinggi kepada pewawancara bahwa Anda memiliki minat yang tulus pada institusi tersebut dan menunjukkan bahwa Anda tidak hanya ingin belajar, tetapi Anda ingin berkontribusi untuk perguruan tinggi.

Rumit

Kita semua takut dengan pertanyaan "ceritakan tentang diri Anda" dalam sebuah wawancara, tetapi sebenarnya ini adalah kesempatan untuk menceritakan hal-hal terpenting tentang diri Anda. 

Agar menonjol, gunakan setiap kesempatan yang Anda punya untuk menguraikan jawaban Anda atas pertanyaan yang ada. Ubah pertanyaan dengan jawaban “ya” atau “tidak”, menjadi penjelasan yang lebih luas tetapi pastikan Anda menjawab sesuai dengan topik pertanyaan yang diajukan.

Misalnya, jika pewawancara bertanya apakah Anda terlibat dalam ekstrakurikuler, jangan hanya menjawab "ya". Ceritakan secara mendetail tentang peran Anda di kegiatan tersebut dan pencapaian apa yang telah Anda lakukan. Begitu juga jika Anda terlibat dalam suatu organisasi sebelumnya. 

Ajukan Pertanyaan yang Masuk Akal

Wawancara bukan hanya percakapan satu arah, Anda berhak diberikan kesempatan bertanya tentang perguruan tinggi. Pihak kampus ingin tahu bahwa Anda berpotensi dalam dunia pendidikan, jadi tunjukkan minat Anda dengan mengajukan pertanyaan yang berbobot.

Bertanya tentang fasilitas apa yang akan Anda peroleh dari perguruan tinggi menunjukkan bahwa Anda memiliki minat nyata. Wawancara dimaksudkan untuk menjadi percakapan tentang sekolah dan masa depan Anda, jadi jangan takut untuk berpartisipasi dalam percakapan dengan mengajukan pertanyaan!

Wawancara tidak hanya tentang berpakaian formal dan melakukan sesi tanya jawab. Pastikan Anda memanfaatkan peluang ini untuk menunjukkan siapa diri Anda sebenarnya dan benar-benar menunjukkan bahwa Anda layak diterima.