Cara Pemasangan Listrik yang Baik dan Benar

Apakah anda sedang membangun sebuah bangunan saat ini? Sebuah bangunan pasti memerlukan yang namanya listrik. Hal ini kerap kali menjadi sebuah masalah karena kita sering kali berurusan dengan pihak PLN. Dimana PLN dalam hal ini merupakan pihak yang memegang tanggung jawab penuh dari pemerintah untuk pemasangan dan pemutusan arus listrik. 

Manfaat Listrik Dalam Kehidupan Kita

– Listrik sebagai sumber penerangan

Dengan adanya listrik hal pertama yang memberi manfaat adalah di bagian penerangan, sehingga kita tidak perlu menghabiskan banyak lilin untuk menerangi pada saat malam. Hasil dari energi listrik yang diubah menjadi cahaya terang mampu membantu kita melakukan berbagai aktifitas bahkan di malam hari.

pemasangan arus listrik

– Listrik sebagai sumber energi

Manfaat kedua listrik adalah sebagai sumber energi pada barang-barang yang berada di sekitar kita. Seperti kulkas, tv, dispenser, rice cooker, ac dan banyak barang-barang lainnya yang memerlukan listrik.

– Listrik membantu bidang medis

Dalam hal ini listrik juga berperan aktif membantu dokter dalam urusan medis. salah satunya sebagai terapi listrik yang merupakan pengobatan alternatif bagi penderita gangguan sistem saraf dan kejiwaan.

– Listrik sebagai pengolah data

Manfaat listrik selanjutnya adalah sebagai pengolah data pada pemakaian alat-alat elektronik. Contohnya saja handphone, tv, radio dan lain sebagainya. Beberapa alat ini menggunakan energi listrik untuk bisa hidup dan memproses data dari hasil pengubah arus listrik menjadi output yang dapat menghasilkan gambar, tulisan dan suara.

Cara Memasang Arus Listrik

Lanjut pada pembahasan diatas, mari kita sama-sama belajar cara pemasangan arus listrik yang baik dan benar. Untuk memulainya ada beberapa hal yang perlu kita ketahui :

Ukuran Rumah

Hal ini sangat dibutuhkan untuk menentukan panjang dari kabel yang akan digunakan untuk aliran arus listrik.

Ukuran Ruangan

Ukuran pada ruangan Anda perlu diketahui untuk menghitung seberapa banyak kabel, saklar, fitting dan lampu yang akan dipasang.

Jumlah Ruangan

Memperkirakan jumlah ruangan itu perlu untuk menghitung seberapa banyak stop kontak pada setiap ruangan sehingga tidak berlebihan pada saat membelinya.

Daya Listrik yang Terpasang

Dalam menentukan ukuran MCB yang akan dipasang di rumah Anda, yang harus diperhatikan adalah seberapa besar daya yang Anda gunakan. Di bagian ini saya rasa sangatlah penting untuk memperhatikan pembagian arus listrik. Hal ini dibutuhkan terutama pada rumah yang lebih dari satu lantai.

 

Alat Yang Dibutuhkan

Perlu juga kamu ketahui beberapa alat listrik atau material yang digunakan pada saat pemasangan arus listrik, antara lain :

– MCB

– ELCB

– Saklar Ganda 

– Saklar Tunggal

– Fitting Lampu

– Stop kontak (colokan)

– Kabel

– Isolasi

– Lampu

– Kotak sambungan

– Klem Pipa

– Pipa 5/8" PVC dan sebagainya 

Beberapa pemakaian bahan pemasangan arus listrik diatas dapat berubah-ubah sesuai kebutuhan instalasi listrik yang Anda gunakan.

Jadi bagi Anda yang sedang merancang dan memikirkan pemasangan arus listrik di rumah Anda. Ataupun anda ingin memasangnya sekarang, jangan bimbang jika memiliki sedikit keraguan saat hendak memasangnya. Jika anda memang tidak memiliki keahlian di bidang tersebut, hubungi saja jasa instalasi listrik. Tapi tetap pastikan bahwa jasa yang anda pilih sudah berpengalaman dan terpercaya.

 

Terimakasih . . .  Semoga membantu  . . .