Cara Mengolah Tempurung Kelapa Untuk Dijadikan Aneka Kerajinan

Di Indonesia, pohon kelapa tumbuh subur di pesisir pantai. Tanaman dengan segudang manfaat ini seringkali membawa banyak nutrisi bagi mereka yang ingin mengasah kreativitas dalam membudidayakannya. Dari akar pohon hingga batok kelapa, semuanya bisa dibuat menjadi objek menarik yang bernilai ekonomis dan artistik.

Berbicara tentang kerajinan kelapa, bagian yang paling umum digunakan adalah tempurung kelapa. Batok kelapa ini bisa dijadikan barang serbaguna. Mulai dari sekop beras hingga bros hingga lampu meja. Asah kreativitas kita untuk menghasilkan objek yang tidak hanya menarik tetapi juga fungsional.

Nilai ekonomi kerajinan tempurung kelapa memang sangat tinggi. Selain itu, diperlukan tingkat seni yang tinggi jika ingin menghasilkan kerajinan tangan yang berkualitas. Anda bisa mengolahnya dengan mesin pengupas batok kelapa dan sabutnya bisa diolah dengan mesin pemintal sabut kelapa. Nah berikut ini cara mengolah tempurung kelapa yang dijadikan aneka kerajinan.

 

Cara Mengolah Tempurung Kelapa untuk Dijadikan Aneka Kerajinan

1. Mangkuk yang bagus

Saat memasak dengan santan, Anda pasti membutuhkan kelapa bukan? Jangan membuang cangkangnya sekarang karena dapat digunakan sebagai bahan kerajinan yang bermanfaat. Lebih ekonomis dan lebih tahan lama untuk digunakan. Salah satunya adalah semangkuk batok kelapa yang enak.

Anda akan membutuhkan gergaji besi dan amplas halus. Sediakan juga minyak mineral dan kuas kecil. Untuk langkah pembuatannya, Anda bisa memotong batok kelapa menjadi dua terlebih dahulu dengan gergaji. Tapi potong dalam rasio 60-40. Bagian 60 akan dibuat sebagai mangkuk, sedangkan yang bagian 40 dibuat untuk bagian bawah mangkuk.

Amplas bagian luar dan dalam cangkang agar lebih bersih dan halus. Semprotkan dengan bahan yang aman untuk produk makanan seperti minyak mineral. Sikat menggunakan kuas. Lalu dikeringkan dan mangkuk siap digunakan.

 

2. Lampu hias

Dibutuhkan keterampilan dan kemauan untuk menghasilkan benda-benda yang bernilai seni tinggi. Misalnya, jika Anda ingin mengubah batok kelapa menjadi lampu hias yang menawan. Uniknya, produk ini menggunakan seluruh bagian tempurung kelapa dan berbagai bahan yang ramah lingkungan.

Siapkan kelapa dan tatakan kayu ukuran 12 x 12 cm. Siapkan juga kawat besi 12 inci dan tali jalinan yang terbuat dari batang pisang. Dan yang terakhir, siapkan juga kabel dan lampu malam kecil berwarna-warni.

Caranya, pertama kupas kelapa dan bersihkan tempurung kelapa dengan amplas hingga halus. Buat pola di permukaan mangkuk dengan pensil, lalu gunakan gergaji besi untuk mengebor lubang di bagian atas mangkuk. Ini akan menjadi dudukan lampu.

Masukkan kawat ke dalam dudukan kayu yang disediakan sebelumnya. Kemudian pasang  lampu dan kabel ke dudukan kayu. Dengan menggunakan tali, bungkus dari bagian tengah rusuk pisang agar terlihat seperti tongkat. Tempelkan batok kelapa yang menggantung di kawat seperti buah. Cat lampu dengan pernis bening agar terlihat mengkilap.

 

3. Cangkir minum

Tempurung kelapa bukan hanya mangkuk, tapi juga gelas minum yang keren. Proses pembuatannya memang agak sulit karena cangkangnya keras, tapi akan lebih bagus jika sudah jadi. Langsung saja kita siapkan bahan dan alat yang akan dibutuhkan untuk membuat mug ini.

Untuk pegangannya Anda membutuhkan batok kelapa dan kayu kelapa bisa juga dengan kayu lainnya. Kemudian siapkan gergaji, amplas dan kuas. Siapkan juga lem kayu dan minyak mineral. Selanjutnya, potong kulitnya sekitar 60 persen dari total kulitnya. Kemudian bersihkan amplas dan bagian dalamnya. Aduk juga hingga rata.

Lanjutkan dengan membuat kaki cangkir dari sisa bagian mangkuk. Rekatkan kaki dan cangkir. Jangan lupa merekatkan dengan gagang kayu kelapa. Biarkan kering setelah itu memakai minyak mineral untuk membuat clam cup lebih menarik. Menyikatnya dengan minyak mineral agar membuat minum akan lebih aman karena tidak ada bahan kimia.