Cara Menggunakan Minyak Kelapa dalam Makanan

Minyak kelapa ternyata memiliki manfaat untuk digunakan dalam makanan. Disini anda akan mengetahui cara menggunakan minyak kelapa dalam makanan, supaya minyak kelapa tidak menjadi pengaruh buruk karena salah penggunaan. 

Minyak Kelapa

Minyak kelapa murni ialah minyak kelapa yang bisa dibikin dari bahan bakunya buah kelapa segar, kelapa nanti diambil minyaknya atau kernelnya. Proses minyak kelapa dibuat dengan pemanasan terkendali atau tanpa proses pemanasan sama sekali, dan tanpa bahan kimia.

Menggunakan Minyak Kelapa

1. Untuk Memasak

Coconut oil ialah sejenis minyak yang idealnya digunakan untuk masak. Hal ini dikarenakan 90 % dari minyak kelapa ialah minyak jenuh, makanya minyak ini diyakini mempunyai bentuk atau struktur yang tetap stabil walaupun dipanaskan.

Tak seperti minyak tidak jenuh, ternyata minyak kelapa tidak bisa menghasilkan radikal bebas yang bisa membahayakan pada saat suhu panas atau dimasak. 

Cara-cara memasak dengan minyak kelapa :

  • Untuk menumis : bisa digunakan sekitar satu sampai 2 sendok makan minyak digunakan untuk menumis sayuran, menggoreng telur, bisa juga menumis daging maupun ikan.
  • Untuk memanggang : Andai bisa melumuri daging ayam atau sapi yang akan dipanggang menggunakan minyak serta bumbu lainnya.

2. Campuran dalam Minuman

Minyak kelapa bisa digunakan untuk campuran smoothies, kopi, maupun teh. Anda bisa memberikan tambahan minyak kelapa dengan takaran 2 sendok teh pada smoothies atau atau protein shake sedikit demi sedikit, hal ini bisa membuat tekstur smoothies menjadi lebih kental dan padat.

Untuk minyak kelapa yang dicampurkan pada teh atau kopi ialah dengan memasukkan sekitar 1 sampai dua sendok saja. Caranya hanya dengan menuangkan air mendidih pada gelas yang berisi kantong teh, lalu diamkan 2 menit. Jika sudah keluarkan kantong teh dan bisa menambahkan gula lalu minyak kelapa, kemudian aduk.

3. Diminum Langsung

Tidak hanya ditambahkan dalam makanan dan minuman, fakta terbaru minyak kelapa bisa secara langsung diminum. Ternyata minyak kelapa secara alami mempunyai aroma dan rasa, maka lidah anda akan bisa menerima rasa dari minyak kelapa ini.

Cara mengkonsumsinya dengan mengambil 1 sampai 2 sendok makan minyak kelapa, kemudian langsung ditelan untuk meningkatkan energi dan bisa menunda rasa lapar.

4. Mencampur Langsung Dalam Makanan

Minyak kelapa ternyata bisa dijadikan mentega atau butter. Ketika anda ingin langsung menambahkan minyak kelapa pada makanan, anda harus memastikan sudah dingin dalam suhu ruangan. Hal ini dilakukan agar tidak merusak tekstur dan rasa makanan.

 

Demikian pembahasan mengenai cara menggunakan minyak kelapa dalam makanan yang bisa kalian jadikan acuan untuk menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa bisa dibuat sendiri menggunakan mesin pembuat minyak kelapa. Selamat mencoba.