Cara Memelihara Kucing Peliharaan dengan Baik

Banyak orang yang senang dengan kucing karena kucing ini merupakan hewan yang imut dan lucu. Sebagian orang yang ingin memiliki hewan peliharaan dengan perawatan yang mudah, tentu akan memilih kucing. Namun kamu juga harus mengetahui bagaimana cara memelihara kucing peliharaan dengan baik dan benar, dengan menjaga kesehatannya dan bukan hanya senang dengan lucunya saja. Selain itu beri nama kucing yang baik.

Selain lucu, kucing juga bisa menjadi teman yang baik ketika kamu sedih. Ia akan menjadi hiburan untuk kamu ketika kamu sedang kesepian. Untuk itu, peliharalah kucing dengan baik dan dengan cara-cara yang tepat. Pastikan makanannya cukup, nutrisinya terpenuhi dan segala kebutuhannya sudah kamu berikan. Kucing yang dipelihara dengan baik, akan tumbuh dengan sehat dan periang.

Cara Memelihara Kucing Peliharaan

Berikut ini beberapa cara memelihara kucing peliharaan dengan baik dan benar :

  1. Memahami Kebutuhan dan Asupan Gizinya Sejak Kucing itu Kecil
    Biasakan untuk memelihara kucing sejak kucing itu kecil, sehingga kamu sudah paham akan kebutuhan dan asupan gizinya. Selain itu, asupan gizi untuk anak dan kucing dewasa berbeda. Itulah sebabnya jenis makanannya pun berbeda. Dibanding kucing dewasa, asupan gizi bagi anak kucing jumlahnya harus lebih besar.

    Berikan makanan untuk anak kucing sekitar 4 kali dalam sehari, lalu pilih jenis makanan untuk anak kucing yang kandungan vitamin dan nutrisinya baik untuk kesehatan.
     

  2. Jangan Memberi Makanan Anjing untuk Kucing
    Untuk satu alasan menghemat biaya, banyak orang yang memberikan makanan anjing peliharaannya pada si kucing. Padahal nutrisi dan gizinya berbeda, makanan anjing tidak memiliki kandungan taurin yang diperlukan kucing untuk mencegahnya terkena penyakit atau penglihatan kabur.
     
  3. Berikan Makanan Daging-dagingan untuk Kucing
    Kucing adalah jenis hewan karnivora alami, yang sudah biasa makan daging-dagingan seperti daging ayam, ikan, sapi dan sebagainya. Makanan yang asalnya dari tumbuhan sebaiknya dihindari, karena jenis makanan itu akan sulit dicerna oleh kucing. Kucing yang diberi makan sayuran yang dicampur nasi, akan menghasilkan feses yang lebih bau.
     
  4. Memandikan Kucing dengan Teratur
    Jika kamu sudah merasa tak nyaman dengan bulu kucing yang menimbulkan bau tak sedap, sebaiknya kamu segera memandikannya. Kamu bisa memandikannya dengan air dingin, karena air yang agak panas bisa merusak bulu dan membuatnya iritasi. Supaya kucing menjadi lebih wangi, tambahkan juga parfum khusus kucing pada tubuhnya.
     
  5. Sikat Bulunya dengan Rutin
    Bukan hanya memandikannya, tapi kamu juga bisa menyikat bulunya secara rutin agar bulunya tidak mudah rontok. Sebaiknya gunakan sisir khusus dalam menyikat bulu kucing tersebut. Apalagi jika kamu memelihara jenis kucing yang bulunya lebat, menyisir bulunya akan membuatnya nyaman karena dapat menghilangkan kuman/bakteri yang menempel di bulunya.
     
  6. Mengajaknya Bermain
    Kucing juga membutuhkan hiburan agar tidak tertekan/stres. Mengajak kucing bermain atau berjalan-jalan juga menjadi bagian dari perawatan jiwanya agar ia tidak stres. Ia juga akan merasa lebih nyaman jika kamu menghiburnya dengan memberinya mainan yang akan membuatnya aktif dan lincah.

Kesimpulan

Merawat kucing sebenarnya mudah saja, asalkan dilakukan dengan rutin dan dilakukan dengan cara yang tepat. memelihara kucing juga bisa membuat kamu terhibur, karena keberadaannya akan membuat pikiran kamu tenang dan bahagia. Apalagi jika melihat kucing peliharaanmu sehat dan terjaga dengan baik.