Cara Membuat VCO Mudah dan Anti Gagal

Siapa sih yang tidak kenal dengan minyak vco? Minyak ini merupakan minyak yang banyak berguna di bidang kesehatan. Cara membuat vco juga terbilang mudah. Untuk membuat minyak ini secara modern, harus dilakukan pengeringan kelapa yang sudah tua dan masih segar. Kelapa kering ini kemudian diperas untuk diambil minyak vco nya.

 

Cara Membuat VCO Berkualitas

cara membuat vco

1. Siapkan Bahan

Kelapa yang akan diolah menjadi minyak vco haruslah kelapa yang sudah tua dan berwarna coklat yang menandakan bahwa kelapa siap diolah. Kenapa? Buah kelapa yang sudah tua dan berwarna coklat akan menghasilkan minyak yang banyak.

2. Pembuatan Santan

Untuk mengekstrak santan buah kelapa, parutlah kelapa dengan menggunakan mesin parut kelapa agar lebih maksimal. Setelah kelapa terparut sempurna, campurkan dengan air dengan rasio 2,5 bt vs 1,5 l.

Untuk mencampur parutan kelapa secara sempurna, remas remaslah kelapa agar terekstrak sempurna.

Setelah itu, peras hingga santan keluar dan jangan lupa saring agar ampas kelapa tidak ikut masuk dalam hasil santan. Setelah itu masukkan santan kedalam mangkuk atau wadah yang memadai.

3. Metode Pembuatan

Setelah krim menjadi lapisan, buat vco dengan menggunakan metode dibawah ini.

a. Tanpa Pemanasan

Untuk membuat minyak vco tanpa pemanasan, anda harus melakukannya dengan hati hati. Untuk membuatnya ikuti langkah langkah berikut ini.

  • Parut kelapa dan peras santannya dengan memberi sedikit air agar santan yang keluar bisa lebih banyak.
  • Masukkan hasil perasan santan kedalam sebuah plastik, kemudian diamkan selama 1 sampai 2 jam hingga membentuk 2 lapisan untuk memisahkan air dan krimnya.
  • Buatlah lubang di bawah plastik agar air terpisah dan air terbuang.
  • Tuang santan atas kedalam wadah plastik, kemudian tutup rapat, dan simpan dalam suhu ruangan dan tidak terkena sinar matahari 24 jam.
  • Setelah terbentuk 3 lapisan, tuang minyak kelapa kedalam wadah yang ditutup dengan kain bersih yang tidak terkena pewangi.

Anda juga dapat meletakannya di dalam kulkas hingga membeku. Ambil bagian beku dengan kain bersih.

b. Metode Pemanasan

Metode ini menggunakan cara pemanasan yang terkontrol. Untuk melakukan metode ini, krim yang didapat dari ekstraksi santan dimasak dalam wajan dengan menggunakan suhu sedang dari 60 ° C hingga 75 ° C, aduk perlahan hingga minyak keluar. Setelah Anda mendapatkan minyak yang diinginkan, matikan api.

Pisahkan minyak vco dengan menggunakan sendok. Penggunaan metode ini akan mempersingkat waktu yang anda gunakan untuk membuat minyak vco.

c. Cara Memfermentasi

Cara membuat minyak vco dengan metode fermentasi sangatlah mudah. Anda hanya perlu menyiapkan santan dalam toples dan tambahkan sedikit ragi. Aduk campuran, kemudian tutup toples. Biarkan (proses inkubasi) selama 24 jam.

d. Metode Pancing

Metode pancing adalah salah satu cara pembuatan VCO yang sangat mudah. Penggunaan VCO yang telah jadi sebagai pancingnya untuk membentuk VCO baru. Caranya sangat mudah: siapkan krim, kemudian masukkan ke dalam toples. Setelah itu tambahkan 1-2 sdm VCO kemudian aduk rata. Tutup toples, kemudian tunggu 24 jam.

e. Metode Enzim Daun Pepaya

Daun pepaya memiliki kandungan enzim yang dapat digunakan dalam pembuatan VCO. Caranya : Siapkan daun pepaya, lalu potong kecil-kecil. Campur daun pepaya dengan krim kelapa. Setelah itu masukkan ke dalam stoples kemudian tutup rapat. Tunggu hingga 24 jam dan 3 lapisan terbentuk.

f. Metode Enzim Nanas

Dalam buah nanas terkandung enzim bromelain yang bisa digunakan untuk membuat VCO. Parut buah nanas. Lalu campur parutan nanas dengan krim kelapa lalu masukkan ke dalam toples tertutup. Biarkan santan selama 24 jam dan akan membentuk 3 lapisan.

g. Metode Cuka Asam

Cara membuat VCO dengan cuka asam sangatlah sederhana. Tambahkan cuka makanan ke dalam santan. Gunakan perbandingan 200 ml krim kelapa dan 2 sdm cuka. Setelah tercampur dengan cuka asam, aduk aduk kemudian biarkan mengendap selama 24 jam sampai membentuk 3 lapisan.

 

Tapi, Anda juga dapat menggunakan mesin vco untuk membuat vco yang berkualitas. Semoga bermanfaat!