Cara Membuat Kopi Bubuk dari Biji Kopi yang Terjamin Kualitasnya

Pada artikel kali ini saya akan memberikan cara membuat kopi bubuk dari biji kopi yang mudah dan berkualitas. Kopi adalah salah satu minuman yang populer di masyarakat, selain membuat tidak ngantuk kopi juga enak dinikmati saat sedang santai.

Kopi

Kopi adalah minuman yang disukai banyak orang. Popularitas kopi telah menjadi sangat serius selama beberapa tahun terakhir. Banyaknya kedai kopi di berbagai sudut menjadi salah satu bukti daya tarik yang luar biasa dari minuman ini. Ampas kopi yang mungkin banyak disajikan dalam gelas, ternyata sudah melalui tahapan yang sangat panjang.

Pengolahan biji kopi sebenarnya cukup rumit, namun sama saja dengan nikmatnya secangkir kopi. Di Indonesia Konsumsi kopinya semakin meningkat dari tahun ke tahun. Sebagai pembuat kopi, biji kopi Indonesia dikenal dengan karakteristik dan keunikannya.

Para ahli di dalam dan luar negeri telah banyak melakukan review kualitas biji kopi dari Indonesia. Tak heran, komoditas ekspor Indonesia ke beberapa negara adalah biji kopi. Indonesia menjadi salah satu negara terbesar pengekspor kopi ke beberapa negara lain. Nah, berikut ini cara membuat kopi bubuk menggunakan biji kopi yang terjamin kualitasnya.

Cara Membuat Kopi Bubuk dari Biji Kopi

1. Menyortir buah kopi

Langkah pertama yang harus dilalui adalah menyortir buah kopi yang diperoleh dari hasil panen. Buah kopi yang dipanen diklasifikasikan menjadi dua jenis: buah buruk dan buah terbaik. Warna cherry kopi juga termasuk dalam sortasi, pemisahan buah merah dan hijau. Penyortiran yang dilakukan dapat sangat mempengaruhi kualitas biji kopi yang dihasilkan.

2. Tahap pengeringan

Selama tahap pengeringan ini, biji kopi yang sudah disortir harus dikeringkan terlebih dahulu sebelum dibersihkan. Hal ini berbeda dengan metode basah, di mana biji kopi dikupas sebelum dikeringkan.

Biasanya diperlukan waktu sekitar dua minggu untuk mengeringkan biji kopi sampai sisa kelembabannya sangat rendah. Untuk mendapatkan yang diinginkan dari biji kopi kering, Anda perlu mempertimbangkan pengeringan atau penjemuran.

3. Mengupas kulit buah

Setelah kering sampai tingkat yang diinginkan, dilanjutkan ke tahap mengupas kulit buah. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan mesin atau penghancur untuk memisahkan biji dari kulit buahnya.

Tahap ini bisa disebut berhasil atau tidak, tergantung dari tahap pengeringan yang dilakukan sebelumnya. Jika salah dalam langkah pengeringan, mengupas buah juga bisa gagal, karena kandungan air pada buah kopi sangat penting.

4. Pemilihan biji kopi

Anda melakukan penyortiran terlebih dahulu, pada titik ini Anda juga perlu melakukan penyortiran karena tidak semua biji kopi yang dikupas menghasilkan biji kopi yang baik. Maka sebab itu, dalam proses ini, Anda perlu mengurutkan ulang.

5. Penggilingan biji kopi

Pada tahap ini kopi yang sudah selesai dari tahap sebelumnya bisa langsung digiling dengan grinder kopi dengan mesin ini bubuk yang dihasilkan kopi akan lebih baik kualitasnya dan praktis penggunaannya.

6. Tahap pengemasan

Bisa dikatakan ini adalah tahap akhir dari pengolahan buah-buahan menjadi biji kopi. Ini sederhana, bukan? Biji kopi yang telah disortir dan digiling dapat langsung dikemas untuk kemudian dijual ke berbagai lokasi.

Pada titik ini, pastikan Anda menggunakan kemasan kopi yang baik, agar produk Anda aman dan awet setelah diproses dengan sangat baik, Anda bisa menggunakan mesin packing kopi.

 

Demikian penjelasan tentang cara membuat kopi bubuk, semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba, terimakasih.