Biaya yang Dibutuhkan untuk Menggunakan Jasa Pembuatan Website Perusahaan 2021

Semakin bekembanganya dunia digital, membuat semua hal banyak dilakukan lewat online, salah satunya yaitu pemasaran. Oleh karena itu, sekarang ini banyak pelaku bisnis dan perusahaan yang dituntut untuk memiliki sebuah website sendiri. Website ini berguna sebagai media digital marketing, branding, display produk, media transaksi, dan yang lainnya. 

Untuk Anda yang masih baru di dunia digital, pasti masih bingung terkait pembuatan website dan cara mengelolanya. Oleh sebab itu, Anda perlu menggunakan jasa pembuatan website. Lalu, berapa sih biaya yang diperlukan untuk menggunakan jasa pembuatan website perusahaan di tahun 2021 ini?

Saat ini, range harga jasa pembuatan website perusahaan berkisar mulai dari 2.5 juta hingga 250 juta. Rincian biaya tersebut ditentukan berdasarkan jenis platform yang digunakan dan seberapa rumit fitur yang akan ditampilkan. Nah, pada kesempatan kali ini penulis akan membahas mengenai berapa biaya yang dibutuhkan untuk menggunakan jasa pembuatan website perusahaan. 

Rincian biaya berdasarkan jenis website perusahaan

Sekarang ini Indonesia telah memiliki berbagai perusahaan yang bergerak di berbagai lini usaha. Untuk mempermudah penjelasannya, penulis akan membaginya ke dalam 3 kriteria atau jenis perusahaan.

1. Perusahaan skala kecil

Perusahaan yang masih di skala kecil tidak memerlukan website yang terlalu kompleks. Mereka hanya membutuhkan website yang bisa diakses secara online. Ciri dari website tipe yang pertama ini yaitu

  • Pelaku bisnis hanya ingin menampilkan informasi yang mendasar terkait bisnisnya, seperti lokasi bisnis, produk atau jasanya, kontak perusahaan, dan juga profil perusahaan.
  • Mereka hanya butuh kustomisasi website yang sedikit.
  • Website hanya memiliki kurang dari 20 halaman.
  • Menampilkan sedikit stock foto produk atau layanannya.

Untuk membuat website bisnis yang masih kecil, Anda hanya memerlukan biaya sekitar 2,5 juta hingga 8 juta rupiah.

2. Perusahaan skala menengah

Perusahaan yang sudah memasuki skala menengah membutuhkan website yang sudah sedikit lebih kompleks. Perusahaan jenis ini memerlukan content management system yang di custom sesuai dengan kebutuhan pelanggan, tim pemasaran, reseller, dan tim website, tim editor, dan juga tim digital marketing. Biasanya perusahaan jenis ini sudah mengetahui seluk beluk digital marketing secara umum. Sehingga Anda tidak perlu lagi mengedukasi mereka terkait digital marketing melalui website.

Perusahaan jenis ini memerlukan website yang powerful untuk mendukung kebutuhan mereka. Ciri dari website tipe kedua ini yaitu.

  • Perusahaan ingin membuat website yang mempunyai authority tinggi di pencarian Google.
  • Perusahaan sudah memahami digital marketing melalui website.
  • Website akan membutuhkan banyak kustomisasi.
  • Perusahaan membutuhkan web development yang berpengalaman dalam dunia marketing online.
  • Biasanya website berisi lebih dari 75 postingan konten promosi yang tertarget.
  • Mempunyai tim digital marketing yang mampu mengoperasikan website.

Untuk membuat website untuk jenis perusahaan berskala menengah, Anda akan membutuhkan biaya sebesar 7,5 juta hingga 75 juta rupiah.

3. Perusahaan skala besar

Biasanya, perusahaan yang sudah berskala besar sudah memiliki tim digital marketing sendiri. Mereka akan mengkaji terlebih dahulu apa yang perusahaan butuhkan untuk merancang strategi digital marketing agar tertarget. Oleh karena itu, mereka akan mencari web developer berbadan hukum yang memiliki tim developer terbaik. Dalam mencapai misi tersebut, tentu mereka berani membayar lebih mahal untuk mendapatkan yang terbaik.

Perusahaan skala besar membutuhkan website yang dapat terintegrasi dengan berbagai layanan fintech, layanan perusahaan, aplikasi vendor, layanan customer service, dan lainnya yang bisa memudahkan perusahaan dalam melakukan branding perusahaan. Meski perusahaan besar biasanya sudah memiliki tim penasihat digital marketing dan tim IT. 

Namun mereka belum mempunyai talent yang bisa mewujudkan terobosan baru dalam hal digital marketing. Sehingga, perusahaan tersebut memilih jalan alternatif untuk merekrut talent profesional dari luar perusahaan. Nah, berikut ini adalah ciri-ciri kebutuhan website untuk tipe perusahaan skala besar.

  • Perusahaan ingin membangun website yang mempunyai authority tinggi di mesin pencarian.
  • Perusahaan sudah memiliki penasihat di bidang digital marketing.
  • Website membutuhkan banyak kustomisasi.
  • Website berisi lebih dari 250 konten yang tertarget.
  • Perusahaan sudah mempunyai tim pelaksana, tim maintenance, dan tim IT yang sipa mengoperasikan website setelah selesai dibuat.

Nah, untuk biaya yang dibutuhkan untuk membuat website jenis ini yaitu sekitar 80 juta hingga 250 juta rupiah.

Namun perlu Anda ketahui bahwa harga jasa pembuatan website tidak bisa disama ratakan. Harga yang ditawarkan sudah pasti telah melalui pertimbangan dan berdasarkan kesulitan dalam proses pembuatannya. Jadi, Anda harus bijak dalam menentukan jasa mana yang akan Anda pilih dan bagaimana kebutuhan website yang sesuai dengan perusahaan Anda.