6 Penyebab Septic Tank Cepat Penuh yang Harus Dipahami

Septic tank adalah media untuk pembuangan kotoran (tinja) yang sengaja dibuat dengan kedap air. Jadi, untuk kotoran yang terkumpul pun tidak akan tercemar di lingkungan sekitar. Sudah menjadi hal wajar setiap hari membuang limbah cair dan membuat septic tank penuh. Namun, jika dibiarkan saja dan timbul masalah yang menjadi penyebab septic tank cepat penuh ini segera atasi. Memang apa saja yang menjadi penyebab septic tank ini cepat penuh? Berikut penjelasannya:

 

1. Letak dari Pembangunan yang Kurang Pas

Pertama-tama yang menjadi penyebab septic tank ini cepat penuh adalah letak atau posisi pembangunannya yang kurang pas. Seharusnya usahakan untuk membuat di tempat yang mengandung air tanah yang cukup dalam.

Kenapa? Sebab, semakin tinggi permukaan airnya, maka akan memperlambat dari proses penguraiannya. Belum lagi musim hujan tiba, daya dari penggunaannya pun akan menurun dan bisa menjadi sebab menumpuknya limbah.

septic tank

2. Tidak Adanya Saluran untuk Pembuangan Gas

Kedua, yang menjadi penyebab septic tank cepat penuh selanjutnya adalah tidak tersedianya saluran pembuangan gas. Saluran gas tertutup akan menjadi hambatan pada proses penguraian pada limbah. Selain itu, juga akan menjadikan sumbatan baru yang memicu septic tank bisa meledak. Oleh sebab itu, buatlah sebisa mungkin ventilasi guna membuat gas keluar juga masuk dengan sempurna.

3. Kapasitas Septic Tank Tidak Sesuai dengan Penghuni Rumah

Ketiga, yang menjadi penyebab selanjutnya adalah penghuni rumah yang melampaui kapasitas. Kenapa demikian? Jika ukuran dari septic tank tidak sesuai dengan jumlah orang rumahnya, bisa jadi sebab utama septic tank cepat penuh. Apabila memang terbatas tempatnya, bisa dengan menggunakan jasa sedot WC rutin minimal satu kali satu tahun atau dua kali dalam satu tahun.

4. Kurang Adanya Bakteri dalam Proses Penguraian Limbah

Keempat, yang menjadi penyebab selanjutnya adalah kurangnya bakteri pada proses penguraian limbahnya. Bakteri ini mempunyai fungsi untuk merubah wujud dari limbah. Jikalau dari bakteri yang terlibat sedikit, maka akan semakin lambat proses penguraiannya juga.

Perlu diketahui, bahan-bahan kimia ataupun sabun antibakteri untuk membersihkan kloset ini menjadi salah satu penyebab kurangnya bakteri di dalam septic tank. Maka dari itu jangan terlalu sering menyiram kloset dengan bahan kimia ataupun pembersih antibakteri lainnya ya..

5. Membuang Sampah di Kloset

Kelima, yang menjadi penyebab septic tank penuh selanjutnya adalah sering atau terbiasa membuang sampah sembarangan dalam kloset. Sampah tissue, rambut atau pembalut yang dibuang dalam kloset adalah menjadikan penyebab serius pada septic tank penuh. Selain menyebabkan penuhnya septic tank, pasalnya, sampah ini juga membuat sumbatan pada lubang klosetnya mampet, sehingga tinja tidak bisa berjalan dengan lancar.

6. Menyedot septic tank Hingga Tuntas

Hal terakhir yang menjadi penyebab septic tank cepat penuh adalah menyedot septic tank hingga tuntas. Salah satu kesalahan dalam praktik yakni menyedot hingga tuntas. Padahal ternyata hal ini akan membuat bakteri pengurai berkurang sangat drastis dan harus membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan tugas seperti awal.

Perlu diingat juga untuk pengurasan secara berkala menjadi pilihan untuk mencegah septic tank penuh daripada mengurasnya sampai tuntas. septic tank yang jarang dikuras akan menimbulkan sumbatan juga aroma tidak sedap pada toilet. Serta, yang lebih parahnya lagi akan berisiko meledak.

 

Itulah penjelasan dari penyebab septic tank cepat penuh yang bisa menjadi masukan semuanya. Intinya jagalah selalu kebersihan dan rawat sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Nah, untuk menghindari permasalahan yang menjadi penyebab penuhnya septic tank, maka pilih produk septic tank berkualitas yang bisa dibeli langsung di https://www.suryafibertek.co.id/septic-tank-biotech/.