6 Faktor Penyebab Darah Tinggi

Mengetahui cara menurunkan darah tinggi sangat penting, khususnya bagi Anda yang memang seringkali mengalami gangguan kesehatan yang satu ini, yaitu hipertensi. Saat terkena hipertensi, sebaiknya Anda segera lakukan upaya untuk menurunkan atau menstabilkan kembali tekanan darah agar terhindari dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Banyak gangguan kesehatan yang bisa menimpa saat tekanan darah Anda tinggi, di antaranya adalah penyakit jantung, stroke, kerusakan mata, dan gangguan kesehatan lainnya. Selain usia tua, gaya hidup yang kurang sehat juga merupakan salah satu faktor pemicu tekanan darah tinggi.

Anda dianggap terkena tekanan darah tinggi saat ukurannya mencapai 130/90 mmHg ketika Anda melakukan pengukuran. Oleh karena itu, sebaiknya Anda segera melakukan langkah-langkah yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi tersebut.

 

Penyebab Tekanan Darah Tinggi pada Usia Muda

hipertensi

Meskipun kebanyakan yang terkena tekanan darah tinggi adalah orang tua, tapi fakta di lapangan menunjukkan kalau banyak juga yang terkena tekanan darah tinggi di usia muda. Tentu saja kondisi tersebut disebabkan oleh banyak faktor. Berikut ini faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya tekanan darah tinggi di usia muda dikutip tipsserbaserbi.com, yaitu :

  1. Ketika stres atau perubahan suasana hati.
  2. Saat mengalami berat badan berlebih (overweight) dan obesitas.
  3. Menerapkan gaya hidup yang kurang sehat, misalnya kebiasaan merokok dan minum alkohol.
  4. Berlebihan dalam mengkonsumsi makanan bergaram dan berlemak.
  5. Pola tidur yang kurang teratur.
  6. Tertimpa kondisi medis tertentu, semisal penyakit ginjal, tiroid, dan lain-lain.

Tentu saja mendeteksi tekanan darah tinggi di usia muda bukan hal yang mudah. Pasalnya, rata-rata orang dewasa sudah memiliki pedoman khusus untuk menentukan apakah seseorang mengidap tekanan darah tinggi. Adapun anak-anak muda, sampai saat ini belum ada pedoman khusus yang dapat digunakan.