4+ Panduan Budidaya Kerang Abalon Lengkap

Budidaya kerang abalon memang jarang dipilih tidak seperti kerang kijing atau budidaya kerang darah. Tapi, kerang abalon terbilang menjanjikan karena harga jual masih tinggi. Berikut adalah cara ternak kerang abalon, bisa dicoba oleh pemula. 

1. Cara Memelihara Induk Kerang Abalon

Memilih bibit kerang abalon dapat dengan mencari di pasar atau tempat budidaya. Letakkan kerang tersebut dalam kolam beton volume 1,5 m3. Sebar sampai kepadatan 300 ekor.

Pijahkan kerang abalone dalam wadah akuarium, volume 80-100 liter. Lengkapi dengan heater otomatis dan thermometer. Atau, lakukan pemijahan alami saat bulan gelap dan terang, tengah malam hingga pagi hari. Induk kerang abalon jantan mengeluarkan sperma dalam 60 menit, sedangkan kerang abalon betina mengeluarkan telur.

7+ Panduan Budidaya Kerang Abalon Lengkap

2. Cara Pemeliharaan Larva Kerang Abalon

Dilansir dari Suksespedia, larva kerang abalon membutuhkan pakan plankton untuk proses pembesaran. Sediakan pakan dan vitamin agar hasil budidaya berkualitas dan memenuhi kebutuhan pasar.

Pisahkan abalon yang berkembang biak untuk mengurangi kepadatan kolam. Ketika sudah ada anakan, perluas benih dengan cara sebarkan ke kolam budidaya yang anda sediakan.

Beri pakan dengan porsi tepat, dan semuanya harus terjadwal. Beri pakan sebanyak 2-3 kg per unit wadah, setiap hari sebanyak 4-5 kali.

3. Kualitas Air Kolam

Air kolam harus selalu bersih dan steril. Dalam budidaya kerang abalon, anda harus mencegah adanya penyebaran virus dengan cara diganti air sesering mungkin. Sebar juga anti bakteri dalam air kolam supaya kolam tetap bersih dan sehat.

4. Proses Panen

Tahap terakhir dalam budidaya kerang abalon adalah proses panen. Cara memanennya adalah dengan seleksi, yaitu memilih mana indukan yang harus anda angkat dan mana kerang yang masih kecil dan butuh waktu untuk bertumbuh lagi.

Tidak heran jika kerang abalon dijual dengan harga cukup mahal, karena memang proses perawatan dan teknik budidayanya membutuhkan banyak proses. Dibutuhkan waktu budidaya satu atau dua bulan agar kerang dapat anda jual di pasaran untuk memenuhi permintaan industri seafood. Selain itu, kegiatan budidaya abalon juga sangat penting untuk membantu stok abalon di laut yang terus menipis.