3 Alasan Mengapa Kemasan Produk Makanan Penting untuk Dibuat Unik dan Menarik

Satu hal yang penting dan harus dilakukan oleh sebuah produsen makanan adalah membuat kemasan untuk produk makanan yang mereka hasilkan. 

Jika mereka punya tim yang ahli dalam mendesain sebuah kemasan produk, maka mereka tak perlu lagi membayar jasa pada pihak lain untuk hal itu. Namun, jika mereka tidak memiliki tenaga yang ahli di bidang desain kemasan, maka jangan coba-coba untuk membuatnya sendiri. 

Karena produk makanan yang sudah jadi dan siap dipasarkan tersebut, tidak akan laku gara-gara Anda salah atau kurang menarik dalam membuat kemasan. Seberapa penting desain kemasan untuk produk ini harus dibuat menarik? Dan apa saja alasannya? 

Hermawan Kartajaya mengungkapkan dalam bukunya Marketing Plus 2000 bahwa perkembangan teknologi telah mengubah fungsi dari sebuah kemasan. Kalau pada zaman dulu, orang hanya menganggap kemasan hanya berfungsi untuk melindungi produk yang mereka jual. 

Tidak demikian di zaman sekarang, saat ini seorang produsen harus bisa menganggap fungsi sebuah kemasan adalah dapat menjual isi produk makanan yang ia lindungi. Hal ini karena kemasan dapat menjadi daya tarik untuk membuat orang mengambil, membeli dan mencoba produk makanan yang ditawarkan. 

Jadi, jelas saat ini kemasan telah memiliki fungsi ganda yaitu menjual dan melindungi produk. Berikut beberapa alasan penting kemasan makanan dibuat menarik.

Membuat Konsumen Membeli Produk Kembali  

Kemasan produk makanan yang dibuat menarik dan cenderung unik, ternyata mampu mempengaruhi emosi pembeli atau konsumen secara psikologis. Alhasil, ini dapat membuat konsumen menjadi loyal dan terus membeli produk itu kembali. 

Sekalipun ada banyak produk setipe, namun karena ia menyukai kemasan makanannya tersebut, makanan ia akan tetap setia pada produk tersebut. Alasan inilah yang menjadikan produsen makanan wajib memperhatikan kemasan produk mereka.

Sebagai Standar Penetapan Harga

Percaya atau tidak semakin menarik dan unik kemasan yang dibuat ternyata hal tersebut dapat juga mempengaruhi harga jual dari sebuah produk. Selain mempengaruhi harga jual, kemasan yang menarik juga dapat berpengaruh pada brand atau pencitraan dari produk yang ditawarkan dan perusahaan pembuat produk tersebut.

Jadi, bagi perusahaan atau UMKM yang baru meluncurkan produk makanan mereka, harus benar-benar memperhatikan kemasan yang dibuat, jika ingin produk tersebut memiliki nilai jual yang tinggi dan menjadi brand yang mudah dikenal dan disimpan dalam memori seseorang.

Menjadikannya Berbeda dengan Produk Lain yang Sejenis

Tentu saja jika Anda menciptakan produk berdasarkan inspirasi produk yang telah ada di pasaran selama ini. Hal pertama yang harus Anda pikirkan adalah membuatnya berbeda dengan produk yang telah ada, baik dalam segi rasa, bentuk maupun kemasan.

Karena dengan memikirkan hal tersebut, persaingan bisnis yang sangat ketat ini tetap dapat Anda lakukan  secara sehat. Walaupun bisnis yang Anda jalani terbilang baru, namun dengan kemasan yang menarik, diharapkan Anda tetap percaya diri dalam meluncurkan produk-produk makanan yang Anda buat.

Oleh karena itu, jika Anda membutuhkan jasa pembuat kemasan untuk produk-produk makanan Anda, Anda bisa menghubungi perusahaan seperti Supernova Digipack yang sudah berdiri mulai tahun 1981, perusahaan ini telah berpengalaman dalam melakukan pengemasan produk.

Nah, demikian beberapa alasan mengapa kemasan produk makanan dirasa sangat penting bagi peningkatan brand dan penjualan produk. Untuk info lebih lanjut tentang jasa pengemasan produk makanan terbaik, bisa Anda kunjungi dengan mengklik link berikut https://www.supernovadigipack.com/.